INFORMASI :

Selamat datang di kantor desa kedungpuji                                    ,pelayanan umum buka pukul 08.00 wib s/d 14.00 wib .khusus hari jumat pelayanan umum buka dr jm 08.00-11.00 wib.             Info Khusus untuk pelayanan SKCK bisa langsung ke kantor desa tanpa harus ke RT/RW terdahulu.

Kebumen Terkini

Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards

Arsip Berita

OBSERVASI DAN PENGAMBILAN DATA TENTANG AKUNTANSI DESA SISWA SISWI SMK N 1 KARANGANYAR KEBUMEN

OBSERVASI DAN PENGAMBILAN DATA TENTANG AKUNTANSI DESA SISWA SISWI SMK N 1 KARANGANYAR KEBUMEN

Kedungpuji Rabu (25/10/2023). Dalam rangka untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Keuangan Lembaga Kelas XII SMK N 1 Karanganyar , sebanyak 6 siswa mendatangi Kantor Desa Kedungpuji. Maksud kedatangan para siswa adalah untuk observasi (pengamatan) dan mendapat informasi data yang diperlukan untuk kepentingan tugas sekolah. Siswa kelas XII Akuntansi ini diterima langsung oleh pemdes Kedungpuji yang diwakili oleh Sekretaris Desa. Di ruang kerja sekretaris desa mereka melakukan wawancara langsung  dengan sekretaris desa. Setidaknya kurang lebih setengah jam wawancara berlangsung.

6 Siswa ini berasal dari daerah yang berbeda, ada yang dari desa Sidayu, Pasir, Buayan, Pringtutul, Sawangan, dan Kedungpuji. Ada 10 poin pertanyaan yang disampaikan  dalam  wawancara tersebut antara lain:

1.       Bagaimana Sejarah, Kedudukan dan Kewenangan Desa

2.       Bagaimana Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa

3.       Bagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa)

4.       Bagaimana Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa)

5.       Gambaran Secara Umum Penganggaran Keuangan Desa

6.       Proses Penyusunan APBdesa

7.       Struktur APBdesa

8.       Apakah Pernah ada Perubahan APB Desa

9.       Bagaimana Pelaksanaan APB Desa

10.   Begaimana Pelaksanaan Pembiayaan Desa

Satu persatu para siswa menyampaikan pertanyaan. Dan selanjutnya dijawab langsung oleh sekretaris desa dan dibantu oleh Kaur Perencanaan bapak Sugiyono Herlambang, karena seluruh pertanyaan tersebut sebagian besar berkaitan dengan perencanaan. “ Perencanaan pembangunan desa berifat parsitipatif ”  potongan kalimat jawaban atas pertanyaan dari para siswa.

Keterbukaan

Sesuai dengan Peraturan Komisi Informasi Publik Indonesia No 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik mengamanatkan  agar desa  melaksanakan keterbukaan informasi publik. Tujuannya adalah meningkatkan efektifitas dan kontrol masyarakat  terhadap pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan Pembangunan desa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa. Selain itu desa dituntut untuk menyajikan data dan informasi desa kepada publik. Di desa Kedungpuji telah di tetapkan perdes tentang keterbukaan informasi publik yang mengatur bagaimana serta informasi apa saja yang dapat dan boleh  disajikan kepada publik. Terkait dengan kegiatan siswa kali ini adalah termasuk bagian dari keterbukaan informasi publik. Secara garis besar membahas tentang proses perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban pembangunan desa. “Semoga adik adik siswa siswi SMKN 1 Karanganyar ini kelak menjadi orang sukses dan diberkahi Allah, aamiin “  demikian kalimat penutup dari perwakilan pemdes untuk para siswa.

 

Sekian dan terima kasih.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3