INFORMASI :

Selamat datang di kantor desa kedungpuji                                    ,pelayanan umum buka pukul 08.00 wib s/d 14.00 wib .khusus hari jumat pelayanan umum buka dr jm 08.00-11.00 wib.             Info Khusus untuk pelayanan SKCK bisa langsung ke kantor desa tanpa harus ke RT/RW terdahulu.

Kebumen Terkini

Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards

Arsip Berita

ANTISIPASI BANJIR, WARGA PERBAIKI TANGGUL

ANTISIPASI BANJIR, WARGA PERBAIKI TANGGUL

Kedungpuji (22/11/2023). Terdapat sebuah aliran sungai alam yang melintas di desa Kedungpuji sepanjang kurang lebih 1.300 meter dimulai dari wilayah dukuh Kedunglo hingga dukuh Plana. Sungai ini melintas dari barat laut ke arah timur laut kemudian belok ke arah selatan. Sungai atau “kali” ini menjadi pembatas desa antara desa Kedungpuji  dan desa  Grenggeng.

Di beberapa titik tepian kali terdapat tanggul yang sudah menipis tergerus oleh arus air. Selain itu bahkan ada yang sudah amblas tepatnya di wilayah dukuh Kedunglo Timur. Kondisi ini sudah berlangsung selama kurang lebih 3 tahun dan tentu saja membuat warga merasa was-was apabila datang musim hujan.

Menyikapi hal tersebut, masyarakat berkoordinasi dengan pemerintah desa. Hasilnya menyepakati perbaikan tanggul untuk menanggulangi kemungkinan terjadinya banjir. Sebelumnya, di Tahun 2022 telah dilaksanakan perbaikan, oleh karena belum maksimal maka dilanjutkan di tahun 2023.

Warga siap dengan swadaya tenaga kerja bakti dan snack kemudian pemerintah desa menyiapkan anggaran untuk pengadaan tanah urug dan kantongnya. Pak Beja Pamungkas selaku Kadus wilayah setempat mengkoordinasikan hal tersebut kepada  warganya untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatannya. Selanjutnya  pada hari Minggu 4 November 2023 dilaksanakanlah kegiatan perbaikan tanggul yang diikuti oleh warga Rt.3, 4 dan 5 Rw.3. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari.

Warga berharap perbaikan tanggul ini terus berlanjut sehingga titik rawan air masuk yang menyebabkan  banjir benar benar teratasi, karena tanggul buatan warga sebenarnya bersifat darurat sehingga hasilnyapun dirasa kurang maksimal. Meskipun demikian, tenggul darurat ini dirasa bisa menahan air untuk sementara waktu. Dan semoga bisa mengantisipasi terjadinya banjir. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3